Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh - Selamat sore, semoga dibulan ramadhan ini, sampai saat ini puasanya belum ada yang bolong atau batal ya. Apa kalian tau kalau puasa punya beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh dan organ tubuh kita? Kalau tidak tau, maka simaklah beberapa manfaatnya dibawah ini, yang dikutip dari www.draxe.com, selamat menikmati!

manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh dan untuk kecantikan tubuh

1. Puasa sangat baik untuk menurunkan berat badan
Sebuah penelitian tahun 2015, mengungkapkan bahwa puasa bisa mengurangi berat badan sebanyak 7 persen dan mengurangi lemak tubuh sebanyak 12 pon. Sementara itu, studi lain dari University of Southern California, menemukan bahwa ketika 71 orang dewasa melakukan puasa selama lima hari (makan antara 750 dan 1.100 kalori per hari) setiap tiga bulan sekali, mereka kehilangan badan rata-rata 6 pon, juga berkurangnya lingkar pinggang dan berkurangnya lemak tubuh tanpa mengorbankan massa otot. Jadi, jika kalian ingin menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak yang ada diperut agar pinggangnya kecil, maka berpuasalah.

2. Puasa meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan manusia
Hormon pertumbuhan manusia , atau HGH, secara alami diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Namun aktif dalam aliran darah hanya selama beberapa menit saja, sudah efektif digunakan untuk mengobati obesitas dan membantu membangun massa otot, dan penting untuk membakar lemak. HGH juga membantu meningkatkan kekuatan otot, yang dapat membantu meningkatkan latihan Anda juga. Kombinasikan ini bersama-sama dan Anda memiliki mesin pembakar lemak yang efektif di tangan Anda.

3. Puasa baik untuk atlet
Puasa memiliki efek positif pada massa tubuh serta penanda kesehatan lainnya di atlet profesional. Hal tersebut dikarenakan puasa dapat secara efektif mengurangi kelebihan lemak, sekaligus mengoptimalkan pertumbuhan otot, karena produksi HGH. Secara tradisional, atlet disarankan untuk mengkonsumsi protein berkualitas tinggi, setengah jam setelah mereka menyelesaikan latihannya untuk membangun otot. Jadi lakukanlah puasa pada saat latihan, agar otot terbentuk dan lemak pun berkurang.

4. Puasa sangat bagus untuk menormalkan sensitivitas insulin
Ketika tubuh Anda mendapat terlalu banyak karbohidrat dan gula, ia dapat menjadi resisten terhadap insulin, yang sering menjadi penyebab bagi sejumlah penyakit kronis, termasuk diabetes tipe-2. Jika anda tidak ingin menderita penyakit kronis seperti diabetes, sangat penting untuk anda menjaga tubuh anda sensitif terhadap insulin dan puasa adalah cara yang efektif untuk melakukannya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam World Journal of Diabetes menemukan bahwa puasa intermiten pada orang dewasa dengan diabetes tipe-2 memperbaiki berat badan dan kadar glukosa mereka. dan studi lain menemukan bahwa puasa intermiten sama efektifnya dengan pembatasan kalori dalam mengurangi lemak visceral, insulin puasa dan resistensi insulin. Jika Anda berjuang dengan pra-diabetes atau sensitivitas insulin, puasa intermiten dapat membantu menormalkannya.

5. Puasa dapat menormalkan kadar ghrelin
Apa itu ghrelin? Ini sebenarnya juga dikenal sebagai hormon lapar, karena bertanggung jawab untuk memberi tahu tubuh Anda bahwa ia lapar. Diet dan makan yang benar-benar terbatas sebenarnya dapat meningkatkan produksi ghrelin, yang akan membuat Anda merasa lapar. Akan tetapi ketika Anda berpuasa, meskipun Anda mungkin berjuang dalam beberapa hari pertama, Anda sebenarnya sedang menormalkan level ghrelin. Pada akhirnya, Anda tidak akan merasa lapar hanya karena itu adalah waktu makan anda yang biasa. Sebaliknya, tubuh Anda akan menjadi lebih mahir dalam membedakan kapan sebenarnya membutuhkan makanan.

6. Puasa dapat menurunkan kadar trigliserida
Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak kolesterol jahat, kadar trigliserida Anda akan naik, meningkatkan risiko penyakit jantung. Puasa intermiten sebenarnya menurunkan kadar kolesterol jahat, menurunkan trigliserida dalam proses. Hal lain yang menarik untuk dicatat adalah bahwa puasa tidak mempengaruhi kadar kolesterol baik dalam tubuh.

7. Puasa dapat memperlambat proses penuaan atau Memperpanjang umur
Meskipun belum terbukti pada manusia, studi awal pada tikus tampaknya menghubungkan puasa intermiten dengan peningkatan umur panjang. Satu studi menemukan bahwa puasa intermiten menurunkan berat badan dan meningkatkan rentang hidup pada tikus. Yang lain menemukan bahwa sekelompok tikus yang berpuasa sebentar-sebentar sebenarnya hidup lebih lama daripada kelompok yang tidak berpuasa, meskipun mereka lebih berat daripada tikus yang tidak puasa. Tentu saja, tidak jelas bahwa hasil yang sama akan terjadi pada manusia, tetapi bukankah itu menggembirakan?

Selain 7 manfaat puasa diatas, ternyata ada manfaat lain dari puasa yang dikutip dari Dream.co.id yaitu sebagai berikut:

1. Puasa Memperbaiki Fungsi Otak
Puasa ternyata telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Hal tersebut dikarenakan puasa dapat meningkatkan produksi protein yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF ini akan mengaktifkan sel induk otak dan diubah menjadi neuron yang baru, dan memicu produksi senyawa kimia lain yang dapat meningkatkan kesehatan saraf. Protein BDNF juga melindungi sel-sel otak dari gangguan yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

2. Puasa Membantu Membersihkan Kulit dan Mencegah Jerawat
Puasa dapat membantu membersihkan kulit. Ini dikarenakan tubuh kita tidak sedang memproses makanan, jadi tubuh kita lebih focus dalam melakukan regenerasi pada sistem lain. Dan juga berpuasa bisa membersihkan racun yang ada di ginjal, hati dan organ tubuh lainnya.

Menurut kalian dari beberapa manfaat puasa diatas, manakah yang paling mengesankan bagi kalian? Kalo saya sih yang no.7, yaitu dengan puasa bisa awet muda atau puasa bisa memperlambat proses penuaan (memperpanjang umur). Sekian dan terimakasih.

Komentar